APASIH ITU PACARAN YANG SEHAT???



Pacaran dalah proses pengenalan dan kesepakatan dua manusia untuk membangun hubunan yang beladaskan cinta kasih. Cinta tidak sama dengan nafsu. Nafsu hanya kan membuatmu menyesal kemudian. Sedangkan cinta dimana kamu saling menjaga, sling menerima sehingga tidak memaksakan dan mengubah pasangan untuk tidak menjadi diri sendiri

Pacaran tidak sama bagi setiap pasangan, tergantung pada agama dan kebudayaan atau lingkungan.

Dalam pacaran komunikasi sangat penting,  maka sampaikan dengan tegas apayang kamu suka dan tidak kamu suk dengan tegas. Kamu juga harus mengetahui batasan-batasan dalam pacaran, yang jika kamu langar maka kamu harus siap menerima resikonya.




Jika kamu pacaran:
Pastikan kalian tidak menyentuh dan membiarkan pacarmu untuk menyentuh 4 zona aman tubuhmu (mulut, dada, area sekitar perutdan seputar celana).

Jadi... apa itu kekerasan dalam pacaran?
Kekerasan dalam pacaran adalah kekerasan yang dilakukan dalam relasi atau hubungan berpacaran. Kekerasan mungkin dilakukanoleh pacar atau mantan pacar.

Bentuk kekerasan dalam pacaran

1. kekerasan fisik, yaitu perbuatan yang diarahkan padapenyeragan ke tubuh pasangannya berakibat pada luka fisik

2. kekerasan non fisik, yaitu semua bentuk penyerangan yang diarahkan pada perasaan, martabat, harga diri yang mngekibatkan kekerasan psikis dan kerugian (baik materil maupun non materil). Kekerasan non fisik inijuga mencakup pembatasa dan dominasi yang dilakukan olehpacar seperti cemburu berlebihan, suka mengatur atau memaksakan keinginan.

3.kekerasan seksual, yaitu penyerangan pada tubuh pasangannya dengan tujuan seksual. Jeisnya mulai dari bujuk rayu sampai pemaksaa, pelecehan seksual dan pemerkosaan.

Ingat:
Tidak ada dominasi dalam pacaran, relasi kalian adalah setara
Tujuan pacaran harus positif, dan tidak boleh merugikan salah satu atau kedua belah pihak.

Kamu punya hak untuk menolak
Kamu punya hak untuk bersepakat
Kamu punya hak untuk tidak melakukan sesuatu yang tidak kamu inginkan
Tubuh adalah onotomi mutlak yang kamu miliki.
Jika pacar sampai menyentuh tubuhmu tanpa kamu setujui, maka itu adalah bentuk kekerasan. Jangankan pacar, saudara, sahabat, bahkan orang tua harus mendapat persetujuanmu jika ingin menyentuh tubuhmu, karena itu milikmu.

Perlakuan atas tubuhmu adalah sepenuhnyakeputusanmu tanpa bisa dipengaruhi dan di dominasi oran lain. Maka kamu harus thu setiap resiko yang terjadi di setiap kegiatan yang berkenaan dengan tubuhmu.

Jalani kegiatan dengan enjoy nmun juga harus berangkat dari kesadaran, kesiapan dan kesediaan kamu di setiap kegiatan itu.

So, pacaran dengan sehat, cerdas dan bertika ya...

Komentar

Postingan Populer