seperti apakah Reproduksi Remaja yang Sehat?



kesehatan reproduksi remaja harus memenuhi unsur-unsur:
tidak ada gangguan dan keluhan, organ tubuh berfungsi secara normal, sertasehat secara objektif yang artinya bukan hanya ‘merasa’ sehat tetpi organ juga berjalan sesuai ukuran dan fungsinya.

Reproduksi merupakan kemampuan makhluk hidup untuk menghasilkan keturunan yang baru. Tujuannya adalah untuk mempertahankan dan melestarikan jenisnya agar tidak punah.

Reproduksi pada manusia dilakukan dengan cara generatif atau seksual dan untuk menghasilkn keturunan baru yang di awali dengan peristiwa fertilisasi/pembuahan. Untuk mampu melakukan fertilisasi, harus melalui kematangan fungsi seksual.

Pada sistem reproduksi, kita mengalamiapa yang sering kita sebut sebagai masa puber (pubertas) pada remaja, yaitu rangkaian perubahan fisik, psikis dan pematangan fungsi seksual

Pubertas adalah tanda bahwa kamu sudah matang secara reproduksi dan bisa menghasilkan keturunan, tetpi kematangan reproduksi tidak serta merta diikuti dengan kematangan psikologis atau emosional. Oleh karena itu, kamu harusbanyak mencari informasi tentang kesehatan reprodusimu sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kamu inginkan terkait masa depanmu.

Pubertas pada perempuan bisanya berlangsung dari usia 10-16 tahun. Pada masa pubertas, tubuhmu berkembang cepat. Tanda pubertas pada perempuan adalah kamu mendapatkan menstruasi pertama kal yang merupakan suatu pendarahan yang akan teradi secara berkala karena peluruhan dinding rahim. Kamubisa menggunakan pembalut pada masa pendarahan ini, dan bisa kamu tanyakan pada ibumu tentang bagaimana menggunaannya.

Hal penting yang jangan kamu remehkan, bicaralah pada ibumu atau kka perempuanmu tentang apa yang kamu alami terutama saat pertamakali kamu mendapatkan menstruasi, agar mereka dapat membantumu melalui masa-masa tersebut.

Pubertas atau masa kematangan alat reproduksi pada remaja pria ditandai dengan keluarnyaair mani (ejakulai) yang pertama yaitu pada saat mimpi basah atau emosi nokturnal. Hal ini merupakan peristiwa pengeluaran cairan semen/manu di saat tidur yang bisa dipicu mimpi yang erotis maupun tidak, tergantung dari yang mengalami mimpi itu sendiri.
Beberapa remaja putra mengalami rasa tidak nyaman sehubungan dengan perkembangan lengan dan kaki. Selain itu, kamu akan mengalami perubahan suara berat, seperti suara pecah, tapi ini akan kamu lalui. Lalu di bagian wajah tumbuh kumis, juga pertumbuhan rambutdi tubuh emakin lebat.

Kamu juga akan mendapati bahwa bahwa kamuberkeringat lebih banyak dan beraroma lebih menyengat, serta tumbuh jerawat. Rajinlah membersihkan tubuhmu untuk mngurangi hal-hal yang mungkin tidak menyenangkan tersebut

Pada masa pubertas, perubahan emosmu mungkinlebihkuat dan sering. Sesaat tad kamu merasa hebat dan seaat kamudian kamu merasa jatuh. Kemu juga akan merasakan ketertarikan kepada lawan jenismu dan mungkiakan membuatmu merasa emosi dan galau.

Walaupun kamu merasa perubahan emosimu itu serin tidak terkendali, hal itu merupakan bagian dari pertumbuhan. Amu bisa melakukan olahraga, menari, menulis, musik, senirupa sebagai cara untuk melepaskan tekanan dan membantu mengendalikan emosi.

Normalnya, semua orang mengalami masa puber, maka bicaralah pada orang dewasa seperti orang tuau. Percayalah orang tuamu pun pernah mengalami masa puber, mereka akan membantumu melalui masa perubahan ini.


Komentar

Postingan Populer