Tips menerima kekalahan

Hay...
Apa kabar kamu jiwa yang tangguh, aku salut padamu. Kau tetap ingin berjuang meskipun kau tau, kau tak akan menang. Yaaa begitu dalam sebuah perlombaan, kamu pasti akan merasakan kalah atau menang. Karena nggak mungkin dong kalah semu, atau menang semua, pasti ada yg menang ada yg kalah.
Tapi disini kamu bukan kalah, yakinlah. Bahwa sesungguhnya kamu telah menang melawan diri mu sendiri, melawan rasa takut saat harus tampil di depan umum, dan rela belajar bermalam hingga pagi demi menguasai materi yang akan di uji pada saat perlombaan. Waw kamu keren, aku salut pada dirimu. Karena tak semua orang mampu melewati proses itu. Meskipun pada akhirnya kamu harus kalah, tapi kamu telah menang sebelum tampil. Proses itu tak bisa di beli, itulah hadiah dari kemenangan dirimu.
Yakin deh! tak ada perbuatan baik yg sia-sia, apa lagi hal-hal yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Pasti akan bermanfaat pada saatnya nanti

Jadi tips untuk menerima kekalahan :
1. Berfikir positif.
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berfikir positif atas semua hasil dari penilaian juri. Karena bisa jadi kita kalah karena memang kita belum mampu dikategorikan sebagai pemenang, mungkin ilmu mu belum cukup, atau mungkin saat kamu menang nanti kamu tak sanggup memikul beban di tahap berikutnya
2. Jangan putus asa.
Gaesss..... bisa jadi juga kamu kalah saat ini karena Allah ingin kamu berusaha lebih keras lagi. Jadi jangan pernah menyerah, teruslah berjuang
3. Ikhlaskan.
Karena semua yang Allah tetapkan pada diri kita adalah yang terbaik, perlombaan gak hanya disini gaesss, masih akan ada perlombaan di sesi berikutnya, mungkin kamu bisa ikut di lain waktu itu.
4. Jadikan pelajaran berharga.
Tak semua orang mampu seperti mu, mengalahkan diri sendiri lalu berjuang mempertaruhkan jiwa untuk mengikuti sebuah perlombaan. Jadikan sebagai batu loncatan untuk lebih baik kedepannya
5. Bangkit
Kekalahan saat ini bukan akhir dari segalanya gaess, kamu masih punya kesempatan yang panjang di masa depan, bangkit dari keterpurukan mu, terima kekalahan saat ini lalu berjuanglah kembali

Hmmm Semoga 5 point di atas dapat membantu membuat mu lebih baik ya teman. Aku pengen cerita dikit dong...
Aku menulis ini karena terinspirasi dari diri sendiri, aku baru saja kalah dalam sebuah perlombaan. Dimana lomba ini bertolak belakang jauh dengan diriku, bakat ku adalah Novelis tapi ketua program studi kami mewajibkan kamu untuk mengikuti sebuah lomba ceramah singkat yang di adakan oleh Pemkot yang bekerjasama dengan media swasta.
Udah tau dong, ceramah yang kita tampilkan akan di muat di TV, meskipun TV lokak tetep aja banyak yg nonton, dan saya dekdekan bukan main saat itu.
Saya tau saya akan kalah, karena saya tau kelemahan saya adalah di hapalan. Saya bukan pengingat yang baik tetapi saya tetap ingin mencoba. Saya tetap berfikir positif, saya tidak ingin menganggap itu kelemahan. Jadi saya berjuang melawan itu dan berusaha keras, belajar untuk tampil besoknya.
Alhasil saya lolos di babak pertama, dan hanya saya satu-satunya yang lolos ke babak berikutnya kategori cewek, lega saat itu
Lalu kemudian di babak kedua saya gugur, karena itu tadi, saya lemah di hapalan, jadi saya down dan blank saat diatas panggung, malu bukan main. Mana di tayangkan di TV pula.. ya ampun.
Saya seperti mimpi buruk saat itu. Saya tak mau mengingatnya. Cukup menjadi pelajaran bagi saya.
Tapi saya tetap berfikir positif dan saya yakin tidak akan sia-sia semua itu.
Tapi setidaknya saya telah menang melawan diri saya dan melawan kelemahan saya. Semoga menginspirasi ya gaess, sampai ketemu di tulisan berikutnya...

Komentar

  1. Semangat, kekalahan adalah kemenangan yang tertunda :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer