Pintu Masuk setan

Assalamualaikum sobat surga....
Hmmm, pagi-pagi udah nganggur aja ni Mimin gara-gara dosen gak masuk. Jadinya Corat coret di blog deh.. hehe.

Baiklah sobat surga, bahasan kita kali ini agak panjang ni, Mimin mau mengupas tentang Pintu masuk setan. Kalau bahasa setan, Mimin bawaannya suka ngeri gitu. Yang di fikiran Mimin, setan tu jahat aja gitu gak ada baiknya... Hmm menurut sobat surga gimana???
Mungkinkan sama dengan pemikiran Mimin, he

Oke deh sobat surga, kita langsung ke pembahasan yaaa pintu masuk setan

1. Kebodohan

Yupps, kenapa kebodohan menjadi jalan pintu masuk setan yang pertama? Sobat surga ada yang tau?? Yaaa, benar sekali sobat surga.
Manusia yang bodoh, maka ia tidak dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, dan ahirnya ia bertindak sesuka hati. Menjadi seorang mukmin itu harus pintar, orang yang pintar tentu ia tau jalan mana saja setan bisa masuk ke dalam diri kita, sehingga kita bisa menghindari itu. Di dalam Alquran pun Allah menjelaskan derajat orang berilmu, jadi sudah jelas bahwa setiap muslim itu wajib pintar

2. Marah

Ketahuilah sobat surga, saat kita sedang marah dan tidak mampu mengendalikan nya maka setan akan dengan mudah mempermainkan kita seperti anak-anak memainkan bola.  Jadi, kendalikan diri saat kita sedang marah, agar syetan dan tidak mudah masuk ke dalam diri kita. Orang kuat bukanlah orang yang pandai bergulat tapi orang yang kuat adalah orang yang dapat mengendalikan dirinya ketika marah (HR. Bukhari)

3. Cinta Dunia

Orang yang mencintai dunia dan lebih mengutamakan mengejar gemerlapnya dunia dari pada mengumpulkan bekal di akhirat maka akan lebih mudah di perdaya syetan karena hakekatnya dunia ini hanyalah fatamorgana, hanya sementara. Dan apabila ia cerdas dan beriman maka ia akan sibuk mengumpulkan bekal untuk akhirat dari pada mengejar kemewahan sementara

4. Panjang Angan-angan

Sobat surga, ada beberapa hadis yang menyindir dan melarang kita untuk menjauhi sifat panjang angan-angan ini.
     Rasulullah SAW bersabda, " Hati orang tua tetap merasa muda dalam dua perkara : cinta pada dunia dan panjang angan-angan" (HR. Bukhari)
     Satu ketika Rasulullah berkata kepada Abdullah bin Umar sambil memegang bahunya, " jadilah kamu di dunia ini seperti orang asing atau orang yang sedang melakukan perjalanan''.
     Ibnu Umar berkata, " jika engkau berada di sore hari, jangan menunggu datangnya waktu pagi. Dan jika berada di pagi hari, jangan menunggu datangnya waktu sore. Manfaatkanlah waktu sehatmu untuk sakitmu dan waktu hidup untuk matinya" (HR. Bukhari)

5. Rakus

Rasulullah SAW bersabda, "kekayaan itu tidak di ukur dari banyaknya harta tetapi kekayaan yang sebenarnya adalah kecukupan yang ada di dalam jiwa" (HR. Bukhari)

6. Kikir

"Ya Bani adam, jika kamu menafkahkan apa yang menjadi kelebihan hartamu, itu akan bernilai kebaikan dan jika engkau menahannya itu akan bernilai keburukan untukmu" (HR. Bukhari).

7. Sombong

Rasulullah bersabda, " tidak akan pernah masuk surga, orang yang di dalam hatinya terdapat sifat sombong walaupun sebesar biji darah" ( HR . Muslim, Tirmidzi)

8. Suka di puji

Ziyad bin Abu Muslim berkata, " Tidaklah seseorang menerima pujian dan sanjungan, melainkan setan akan membanggakan hal itu di dalam hatinya."

9. Riya' dan Ujung

Masruq berkata, " cukuplah seseorang Dikatakan berilmu ketika dia takut kepada Allah dan cukuplah seseorang dikatakan bodoh, ketika merasa bangga dengan amalannya".

10. Keluh Kesah dan Gundah Gulana

Abdul Hasan Al-mawardi berkata, " di antara kegelisahan adalah selalu mengingat musibah yang menimpanya, sehingga sulit melupakannya dan selalu dihantui. Sebab dengan mengingat sesuatu tidak akan terlupakan."

"Sabar itu adalah cahaya" ( HR. Muslim)

"Siapa yang dikehendaki kebaikan oleh Allah maka Allah akan mengujinya" (HR. Bukhari)

" Dunia adalah penjara bagi orang beriman dan surga orang kafir". (HR Muslim dan Tirmidzi)

11. Mengikuti Hawa Nafsu

Abul Hasan Al-mawardi berkata, "Hawa Nafsu adalah penghalang kebaikan dan penentang akal. Sebab ia melahirkan kejelekan Budi pekerti, menampakkan cacat moral, memangkas tirai harga diri, dan membuka pintu masuk setan."

Sobat surga, itulah dia macam-macam sifat yang harus kita hindari karena itu adalah jalan dari pada setan untuk masuk ke dalam diri kita.
Selain yang di atas, masih banyak lagi sifat-sifat yang harus kita hindari, seperti buruk sangka, suka menghina seorang mukmin, meremehkan dosa, merasa aman dari Azab Allah dan sering putus asa dari Rahmat Allah. Itulah dia macam-macam sifat yang harus kita buang jauh-jauh dari diri kita.
Sekian dulu ya sobat surga... Semoga bermanfaat dan sebagai pengingat untuk kita semua, terutama untuk Mimin sendiri..

Wassalamualaikum warahmatullahi wa barakatu

Rohim, Eri Abdul. 2014. 15 Menit Langsung Bisa Ruqyah Mandiri. Jakarta : Hilal Media

Komentar

Postingan Populer