3 cara agar Istiqomah berhijrah

Assalamualaikum sobat surga.
Materi kita malam ini adalah tentang 3 Cara agar Istiqomah Berhijrah, nah apa saja sih 3 jurus jitu Istiqomah,
Langsung aja kita bahas ya...

Sahabat surga, hijrah merupakan suatu kewajiban untuk kita sebagai seorang muslim atau muslimah. Hijrah di sini bukan dalam arti berpindah tempat, tapi berubah menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Pribadi yang kembali ke jalan yang di ridhoi Allah. Hijrah dalam arti meninggalkan kemaksiatan yang dulu sering dilakukan, dan mengerjakan berbagai amal shalih yang dulu sama sekali tak terfikirkan. To be better, itulah hijrah...

Tapi terkadang, hijrah tidak selamanya berjalan dengan lancar. Banyak saudara kita di luar sana yang sudah hijrah, namun kembali lagi seperti yang dulu. Ini yang kita sebut sebagai "gagal hijrah". Nah, karenanya, di sini saya akan sharing 3 cara agar kita bisa istiqomah dalam berhijrah.

1. Atur Niat

Niat adalah awal kita dalam berhijrah. Bisa dikatakan sebagai pondasi kita. Yang menjadi pantangan, jangan sampai sahabat berhijrah dengan niat karena dunia! Jika niat seseorang berhijrah karena dunia, maka dia akan sering kecewa, karena Allah tidak banyak menjanjikan urusan dunia kepada orang yang beriman. Kenapa? Karena bagi Allah dunia itu tidak ada nilainya, sedangkan yang bernilai (surga) akan khusus diberikan kepada hambanya yang beriman.

Allah Ta'ala berfirman:

فَمَآ أُوتِيتُمْ مِّنْ شَىْءٍ فَمَتٰعُ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا  ۖ  وَمَا عِنْدَ اللَّهِ خَيْرٌ وَأَبْقٰى لِلَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَلٰى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

"Apa pun (kenikmatan) yang diberikan kepadamu, maka itu adalah kesenangan hidup di dunia. Sedangkan apa (kenikmatan) yang ada di sisi Allah lebih baik dan lebih kekal bagi orang-orang yang beriman, dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal,"
(QS. Asy-Syura: Ayat 36)

Itulah sahabat, kesenangan di dunia ini tidak ada apa-apanya di bandingkan di akhirat. Orientasi orang berhijrah bukan lagi dunia, tapi akhirat. Jika kita mencari kebahagiaan akhirat, maka kebahagiaan dunia itu akan otomatis datang ke kita. Yakinlah, dan mulai tata niatmu ya sahabat...

2. Perhatikan Temanmu

Teman sangat berperan penting dalam berhijrah. Oleh karenanya, dulu para sahabat yang baru beriman oleh Rasulullah segera dipersaudarakan dengan sahabat lain yang sudah beriman lebih dulu.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :الرَّجُلُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ
Seseorang itu tergantung pada agama temannya. Oleh karena itu, salah satu di antara kalian hendaknya memperhatikan siapa yang dia jadikan teman" HR Abu Dâwud no. 4833 dan at-Tirmidzi no. 2378. (ash-Shahîhah no. 927)

Ketika berhijrah, bergaulah dengan teman-teman yang shalih yang siap mendukung hijrahmu sahabat. Atau minimal jika kita tidak bisa mendapatkan teman seperti itu, carilah teman yang tidak menghambat atau menolak keputusanmu berhijrah, meski dia tidak bisa membantumu dalam proses ini.

3. Berdo'a 

Jangan lupa untuk senantiasa berdo'a kepada Allah, agar tetap istiqomah. Do'a masyhur yang diajarkan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wasallam :

"يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ"
"Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu.”(HR. At-Tirmidzi 3522)

Terus lah berdo'a sahabat, ketika ada masalah dalam hidupmu, adukan semuanya ke Allah. Teguhkan pendirianmu, lapangkan hatimu, dan kuatkan langkahmu untuk berhijrah, maka insyaaAllah Jannah adalah sebaik-baiknya balasan yang Allah berikan.

Ingatlah janji Allah Ta'ala,

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقٰمُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلٰٓئِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِى كُنْتُمْ تُوعَدُونَ
"Sesungguhnya orang-orang yang berkata, "Tuhan kami adalah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata), "Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu.""
(QS. Fussilat: Ayat 30)

Itulah 3 cara agar istiqomah dalam berhijrah. So, keep istiqomah sahabat! Semoga Allah meneguhkan langkah kita hingga ke syurga. Aamiin.

Wallahu a'lam
Wassalamu'alaikum.

Komentar

Postingan Populer