Tips menghindari konflik selama KKN

Assalamualaikum....
Apa kabar pembaca hari ini? Mudah-mudahan sehat dan dalam lindungan Tuhan yang Esa.

KKN adalah kegiatan rutin pertahun yang diselenggarakan oleh LPPM (Lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat). Dan KKN ini juga termasuk mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa untuk memperoleh gelar sarjana.

Bertemu dengan orang-orang baru dan suasana yang baru di lokasi KKN, tentu menjadi tantangan bagi para mahasiswa. Harus menyesuaikan dengan karekter masing-masing kelompok, serta menyesuaikan dengan lingkungan sekitar lokasi KKN, ya... Karena kurang lebih dua bulan kamu akan menghabiskan waktu di lokasi tersebut.

Nah..... Kali ini saya akan menulis tentang, bagaimana tips agar terhindar dari konflik selama KKN ini berlangsung.

Ini dia tips nya

Yang pertama, posisikan diri dengan baik. Nah maksudnya posisikan diri dengan baik disini adalah, sadar akan tugas yang harus dilaksanakan. Sadar bahwa KKN ini untuk kita bersama dan sama-sama berjuang untuk melakukan pengapdian. Dan jangan lupa, jaga etika, cara berbicara, cara bersikap kepada rekan KKN, karena menyesuaikan memposisikan diri di lingkungan yang baru itu susah-susah gampang.

Kedua, menyeimbangi... Nah menyeimbangi disini adalah menyeimbangi karakter teman-teman KKN. Misalanya disaat penyelenggaraan program, ada yang rajin ada yang malas. Saat Breafing untuk evaluasi kegiatan, banyak yang keras ingin mempertahankan argumen walau kadang, argumen nya salah. Tentu kita harus menyeimbangi, saling melengkapi

Ketiga, sabar... Gaesss mengahadapi problema selama KKN itu gak bisa dengan emosi. Jadi ketika ada permasalahan yang harus dipecahkan maka cobalah bersabar dan jangan mengambil tindakan sendiri. Selama KKN berlangsung kalian adalah keluarga dan harus ada musyawarah untuk menemukan solusi permasalahan.

Keempat, Mengalah. Nah .... Yang satu ini lumayan berat, kenapa? Karena jarang sekali dalam satu kelompok itu ada yang suka rela mengalah demi kebaikan. Kebanyakan ya ingin bertahan dengan argumennya sendiri. Usahakan kamu punya sifat yang satu ini ya.. mengalah untuk kebaikan

Kelima, ikhlas... Yaaa... Harus ikhlas atas semua pekerjaan yang kita lakukan selama KKN, karena memang tugas kita adalah mengabdi, bukan Bekerja yang menghasilkan rupiah. So, banyak-banyak ikhlas saat bekerja. Semoga Allah membalas dengan berkah.

Oke gaes.. itu dia beberapa tips dari aku. Semoga bermanfaat. Dan  tips berikutnya ya...
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatu. Sampai jumpa kembali di tulisan berikutnya

Komentar

Postingan Populer