Masalah sampah


Temen-temen setuju gak sih Masalah Sampah memang bukan hal yang aneh lagi dilingkungan kita, bahkan sudah menjadi hal umum, penyebab utama atas timbulnya berbagai penyakit, pemanasan global, dan banjir. penyebabnya selalu, bukan lain adalah sampah.


1    1. Masalah Sampah Yang Menyebabkan Penyakit
            Diare, kolera, dan tifus menyebar dengan cepat karena virus yang berasal dari sampah dengan pengelolaan tidak tepat dapat mencemari air tanah yang biasa di minum masyarakat. 
Penyakit DBD (Demam Berdarah) dapat juga meningkat dengan cepat di daerah dengan pengelolaan sampahnya yang tidak memadai.

2. Masalah Sampah Yang Menyebabkan Pemanasan Global
              Selama ini ada anggapan bahwa sampah menimbulkan pemanasan global. Berdasarkan penelitian anggapan tersebut tidak 100%  benar.
Sampah yang dibuang begitu saja berkontribusi dalam mempercepat pemanasan global, karena sampah dapat menghasilkan gas metan (CH4) yang dapat merusak atmosfer bumi. Rata-rata tiap satu ton sampah padat menghasilkan 50 kg gas metan. Gas metan itu sendiri mempunyai kekuatan merusak hingga 20-30 kali lebih besar dari karbondioksida (CO2). Gas metan berada di atmosfer selama sekitar 7-10 tahundan dapat meningkatkan suhu sekitar 1,30C per tahun.

3. masalah Sampah Yang Menyebabkan banjir
            Sampah dapat menyebabkan banjir. Sampah yang dibuang sembarangan, salah satunya yang dibuang kesungai atau aliran air lainnya.
Lama kelamaan akan menumpuk dan menyumbat aliran air, sehingga air tidak dapat mengalir dengan lancar dan akan meluap menyebabkan banjir.

Maka dari itu penting sekali menjaga kebersihan dan menanamkan sejak dini untuk tidak membuang sampah pada tempatnya. dimulai dari diri sendiri, lingkungan rumah dan tempat umum. mari kita budayakan buang sampah pada tempatnya....

Komentar

Postingan Populer